Selasa, 05 Juli 2011

100 Peristiwa Yang Bisa Menimpa Anda


Rating:★★★★
Category:Books
Genre: Comics & Graphic Novels
Author:Benny Rachmadi
Satu lagi novel grafis karya salah satu kartunis favorit saya, Benny Rachmadi. Baginya tidak ada orang yang aman dari ‘kesialan’. Namun kepiawaiannya mampu mengolah ‘kesialan’ itu menjadi karya yang unik dan menghibur. ‘100 Peristiwa Yang Bisa Menimpa Anda’ akan mengajak kita untuk menertawakan ‘kesialan’ yang bisa atau pernah menimpa kita.


Kartun yang kocak ini mampu mengocok perut, melupakan sejenak kepenatan akan tugas rutin kita sehari-hari. Memang hidup harus diselingi tawa, agar pikiran sedikit rileks. Tengoklah pada judul ‘Kehabisan Pulsa’ dan ‘Low Batt’, ketika kita berada di suatu tempat untuk mencari lokasi yang hampir susah ditemukan, pada saat yang sama kita tidak bisa meminta tolong teman karena HP kita kehabisan pulsa atau low batt.. Nah berasa tersesat deh.


Atau ketika berada di tempat umum tiba2 sandal kita putus, pet, tengsin nggak? Apa yang mesti kita lakukan? Ada beberapa tips dari mas Benny..


Pernahkah juga kita menemukan ‘Penyusup Makanan’ yang mampir ke hidangan kita berupa karet gelang, atau apa?? Meski ini akibat kelalaian si tukang masak, tentu kita nggak bisa marah.. Hehe.. ini ternyata saya alami sendiri beberapa hari yang lalu. Ceritanya saya lagi males masak, karena kebetulan ada keperluan. Pulangnya, saya membeli lauk mateng saja, sayur asem kesukaan mas Ahnaf. Sampai di rumah kami berdua saya dan mas Ahnaf makan dengan lahap karena waktu sudah menunjukkan hampir jam 2 siang. Enak nih sayurnya, nambah lagi ah.. Ketika sayur hendak disendok ke piring, muncullah penyusup itu… Langsung kenyang deh..


Saya dengan mas Ahnaf kadang berdua menertawakan lagi beberapa ‘kesialan’ itu. Bahkan ada beberapa hal yang dia nggak ngerti dia tanyakan seperti kasus ‘Salah Kaki’. “Memang bisa jatuh beneran ya Bu?” Maklum dia belum pernah naik metromini atau bus seperti di kisah itu, biasanya naik angkot. Dan memang benar seperti apa yang digambarkan di kartun itu, turun bus dengan kaki kanan akan membuat kita terjungkal, saya pernah mengalaminya dulu ketika masih berkantor di Hayam Wuruk… Hehehe … pengalaman..


Namun yang pasti, sebagai tukang sensor bacaan dan tayangan di rumah, saya (dengan berat hati) harus memotong beberapa halaman (3-4 lembar, sayang juga!) dengan alasan belum sesuai untuk konsumsi sulung saya mas Ahnaf. Pastinya memang semua bacaan termasuk komik baru yang masuk ke perpus kami harus dibaca salah satu dari saya atau suami, sebelum dilahap Ahnaf. Alhasil. Ketika dia bertanya,”Kok yang ini digunting Bu?” dengan enteng saya jawab, “Gambarnya kurang sopan.” Dia ngerti, padahal sebenarnya bukan cuma gambarnya tapi ceritanya hanya layak dikonsumsi dewasa. Namun demikian keseluruhan cerita lainnya sangat menghibur , makanya mas Benny selalu mencantumkan “Anak-anak yang baca buku ini harus dengan bimbingan orang tua, ya! pada cover bukunya....Setuju sekali…

Recommended !!



Graha Asri, 4 Juli 2011.


3 komentar:

  1. iya mbak, kocak ya bukunya. hehe. jeli banget memotret keseharian kita :) wah sampai ada yang digunting ya Mbak bukunya? hihi. Bagus juga ya mbak udah diwarning buat anak-anak di sampul bukunya. Buku ini memang segar yah :)

    BalasHapus
  2. ternyata memang banyak juga teman2 (termasuk saya) yang mengalami hal2 demikian..bagi saya buku2 seperti ini perlu untuk membuang kebosanan.. sebenarnya warning nggak cuma buat buku, tapi film, acara TV, dll. apalagi jaman sekarang info dr segala arah, nggak mungkin anak2 serba dibatasi, tinggal bagaimana kita membimbingnya... Mbak Nita juga begitu kan?

    BalasHapus
  3. wah kalau soal pengaruh dari lingkungan (tetangga, sekolah, dan terutamaa TV) jelas lebih cepat 'masuk' di kepala anak2 ya Mbak.

    Warning utk hal2 di seputar itu kayaknya never ending ya, hehe, tiap detik kita ngoceh terus ngingetin anak2, gapapa dibilang ceriwis, sambil berdoa mudah2an sekian persen doa dan pesan kita ada yang nyantol di kepala mereka, bersaing dgn hal2 lain yang ikutan masuk memberi pengaruh :)

    BalasHapus