Jumat, 05 April 2013

Membuat Rumah dan Buku

Lanjut lagi, tentang tweenies. Memang tepatnya mereka lebih mudah bereksplorasi jika diberi ruang & waktu tersendiri. Kadang menurut saya minat mereka di bagian A, misalnya. Mereka malah memilih B. Contoh, beberapa waktu yang lalu, saya berniat mengajak mereka berkreasi dengan cangkang telur. Mulailah saya mengumpulkan cangkang, tiap habis goreng telur, cangkangnya saya cuci terus dikeringkan. Pas hari H, saya ajak mereka, "Yuk kita bikin-bikin dari cangkang telur.." Pertama mereka senang melukisi cangkang itu, lama kelamaan bosen, saya ajak menempel gambar dengan cangkang yang sudah dipecah kecil-kecil. Saya contohkan kreasi buatan saya. Tapii, sepertinya mereka nggak tertarik. Malah mereka senang main-mainin lemnya aja.. Ya udah lah nak.. Tak apa..



Ternyata oh ternyata mereka malah berkreasi sendiri dengan kertas-kertas yang ada. Membuat rumah dan buku. Yang pertama membuat 'rumah' adalah Idris. Dia mengambar pola di kertas A4, tanpa mengukur, hanya mengira-ngira, bagian mana untuk dinding depan, samping dan belakang. Pola itu digambari dan diwarnai. Begitu pun ketika membuat atapnya. Bagian-bagian itu kemudian disatukan dan direkatkan dengan selotip..

Melihat itu Ilyas pun ikut-ikutan.. Dan ini dia rumah Ilyas
Tak lama, Ilyas mulai mengambar dan menggunting lagi. "Ilyas bikin apa?" tanya saya. "Bikin buku Bu, buat kucing." *maksudnya boneka kucing dia.. Sampul buku dibuatnya dari kardus biskuit, kertasnya dari kertas A4 yang dipotong-potong lalu ditempel dengan selotip. Baru isinya digambari.
kucingnya lagi baca..

Melihat Ilyas bikin buku, Idris juga bikin, tapi isinya tulisan huruf hijaiyah. Huruf-huruf yang ditulisnya hanya mengandalkan ingatan saja, tanpa mencontek di buku Iqro.. Saya tes dulu, dia bisa bacanya nggak? ternyata benar.
Akhirnya kucingnya diajak ngaji
Begitulah kreasi anak-anak yang selalu membuat saya takjub, membuat ingin terus belajar memahami mereka. Belajar, untuk lebih bersabar lagi.

Graha Asri, 5 April 2013


Tidak ada komentar:

Posting Komentar