Jumat, 05 April 2013

Membuat Mobil Polisi

Tanpa saya ketahui, beberapa yang waktu lalu, Ilyas dan Idris 'berkunjung' ke gudang. Mereka menemukan kardus bekas besar, entah bekas apa saya lupa. Diseretnya kardus itu berdua saja.
"Mau ngapain?" tanya saya.
"Buat dibikin-bikin Bu.." kata mereka.
Hmm alamat nih nggak jadi tidur siang, batin saya.
"Nggak dulu deh, sekarang kan waktunya bobok dulu, bikinnya nanti aja.." sahut saya.
"Yaa kan, nggak mau!" kata Idris.
"Trus bikinnya apa Bu?(maksudnya bikinnya kapan Bu).." Ilyas tak mau kalah
"Adik kan capek, dari tadi bikin-bikin terus. Nanti aja bikinnya habis bobok.." bujuk saya.
Dengan segala upaya akhirnya bujukan saya mengena. Dan mereka sukses tidur siang. Tapi pas bangun, tumben mereka lupa. Ya udah saya biarkan saja.



Beberapa hari kemudian, pas Bapaknya sudah datang. Ketika itu kami baru pulang dari luar kota. Yang pasti Bapaknya capek dan ngantuk. Anak-anak seger, karena di mobil udah tidur. Usai duhur, pinginnya si Bapak langsung tidur. Tapi anak-anak ingat kardus bekas tempo hari. "Ayo Pak, bikin-bikin," kata mereka. Bapaknya tak kuasa menahan kantuk dan langsung tepar. Kedua anak ini menyeret ulang kardus di gudang. Saya juga tak bisa melarang lagi, lha mereka lagi segar bugar gitu. Akhirnya mereka berdua mulai mengutak atik kardus.
Saya sesekali saja mengamati, sambil mengerjakan yang lain. Ternyata mereka serius. Membuat pola, menggunting, melipat-lipat, sambil sesekali direkatkan dengan isolasi.
Beberapa bagian yang udah jadi digambari, dibentuk untuk bagian roda.
Bapaknya terbangun ketika anak-anak ini hendak memasang roda menggunakan kepingan lego. Pas udah jadi, mereka menempel spidol untuk bagian depan.
Beberapa bagian dicat dengan water color pasta.. Sementara jadinya begini
Kecuali memasang roda, semua bagian mereka kerjakan sendiri..
Mobil Polisi Ilyas dan Idris
Subhanallah, bagaimana saya tidak takjub.. Meski mereka belum suka membaca, kami tak mengapa. Karena kreativitas mereka, menunjukkan keseriusan yang sesungguhnya. Teruslah berkreasi sayang.. Ibu Bapak ada untuk kalian..

Graha Asri, 5 April 2013



Tidak ada komentar:

Posting Komentar