Senin, 30 September 2013

Relaksasi Ringan Untuk Punggung dan Bahu



Beberapa gerakan berikut ini adalah latihan sederhana untuk mengurangi ketegangan otot bahu dan punggung. Sakit punggung dapat terjadi pada siapa saja. Penyebab yang umum adalah posisi tubuh (terutama punggung, bahu, pinggang) yang sama dan sering.

Lakukan dengan santai dan tidak terburu-buru. Tiap bernafas, tarik nafas dari hidung dan hembuskan perlahan dari mulut. Dapat dilakukan sambil berdiri atau duduk, bahu dan punggung dalam posisi tegak.

1.       Tundukkan kepala, tahan dan hitung sampai 10 detik.
2.        Kepala menoleh ke kanan, tahan dan hitung sampai 10 detik. Ganti kepala menoleh ke kiri, tahan lagi sampai 10 detik.

3.       Jatuhkan kepala ke bahu kanan, tahan dan hitung sampai 10 detik. Ganti jatuhkan kepala ke bahu kiri, tahan dan hitung sampai 10 detik.
4.       Angkat kedua tangan lurus ke atas, kedua telapak tangan bertemu, tahan dan hitung 10 detik.

5.       Bawa lengan kiri horizontal ke arah kanan, tahan dengan lengan kanan, tahan dan hitung sampai 10 detik.
6.       Lakukan untuk lengan kanan, hitung sampai 10 detik.
7.       Punggung telapak tangan kanan tempelkan di punggung kiri. Tahan dan hitung sampai 10 detik
8.       Lakukan untuk tangan kiri, ke punggung kanan, tahan dan hitung sampai 10 detik.

Latihan di atas dapat diulangi 2 atau 3 kali, sesuai kebutuhan. Bisa juga dilakukan pagi dan sore. Setiap gerakan, posisi bahu dan punggung harus tegak, tidak mengikuti arak gerakan kepala atau tangan.
Selamat berlatih, salam sehat!

Graha, 30 September 2013

Catatan: Latihan ini saya dapat dari dokter fisioterapi RS Siloam Karawaci, pada tahun 2006. Di kemudian hari, ketika saya menyusui bayi kembar saya, sakit punggung dan pinggang tak terhindarkan lagi. Latihan ini mengurangi sakit punggung saya. Relaksasi, meski sebentar, membuat saya fresh kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar