Minggu, 05 Januari 2014

Sayur Terancam


Sayur ini seperti urap mentahan, raw foodnya wong Jowo.. Sebagian besar tidak dimasak, tidak hanya kaya gizi, tapi juga kaya kombinasi zat obat.. Cekidot yah,


-          TEMPE. Berlimpah isoflavon dan lemak sehat omega-3 yg berkhasiat hipokolesterolemik (menurunkan kolesterol darah) **)

-          MENTIMUN. Banyak mengandung air dan mineral kalium yg membuat rileks otot dan sel syaraf, sehingga membantu melenturkan pembuluh darah.**)



-          KELAPA/SANTAN KELAPA SEGAR. Mengandung asam laurat, salah satu  asam lemak sehat yang hanya terdapat dalam ASI yg bermanfaat mencegah oksidasi sel-sel otak, juga mencegah stroke.Namun jika dipanaskan, asam laurat dalam santan/kelapa akan rusak berbah menjadi lemak jenuh atau lemak trans (tergantung suhu dan lama pemasakan), yg justru meningkatkan resiko stroke dan serangan jantung.*)

 
-          KACANG PANJANG. Termasuk sayuran polong, kaya akan serat, betakaroten, kalsium dan fosfor. Sehingga bermanfaat memperlancar buang air besar, membantu menurunkan kadar kolesterol darah, dan menjaga kesehatan tulang. Penderita gangguan asam urat secara salah kaprah biasanya takut makan kacang panjang, padahal kandungan purinnya (yg akan diubah menjadi asam urat dalam tubuh) sedang2 saja. Artinya jika kacang panjang dimasak bersama sayuran lain, asupan purin kacang panjang menjadi lebih terbatas, sehingga relative lebih aman bagi pengidap gangguan asam urat.**)


-          TAOGE. Adalah sayuran hasil pengecambahan kacang hijau. Dibanding kacang hijau taoge lebih berlimpah vitamin B dan vitamin E. Meskipun kacang hijau tidak mengandung vitamin C, setelah dikecambahkan menjadi taoge justru muncul vitamin C nya. Ketiga vitamin ini berperan sangat penting dalam meningkatkan kesuburan. ***)



Dari pada ngomongin khasiatnya aja, yuk kita masak..
Bahan:
6 lonjor kacang panjang, cuci bersih, potong ½ cm
1 buah mentimun, cuci bersih, potong kotak ½ cm x ½ cm. atau cincang kasar
100 gram tempe, iris setebal ½ cm, panggang sebentar, iris lagi kotak2  ½ x ½ cm
15 kumtum kemangi, cuci bersih
100 gram tauge, cuci bersih, rendam 30 detik dalam air mendidih, tiriskan
Wijen sangrai.. 

Bumbu kelapa:
½ butir kelapa parut
Haluskan:
3 siung bawang putih
3 siung bawang merah
3 buah cabai keriting/besar.
1 cm kencur
¼ sdt terasi bakar
1 buah tomat kecil matang
2 lembar daun jeruk, buang tulang daun, iris tipis
Garam dan gula secukupnya.

Membuat bumbu:
-          Idealnya, kelapa sebih sehat dalam keadaan mentah, karena kandungan lemak sehatnya belum rusak oleh suhu tinggi. Bumbu yang telah halus, ditumis dulu sampai matang, baru dicampurkan dalam kelapa parut.
-          Namun, dalam porsi kecil kelapa parut kukus masih dapat diterima, asalkan diimbangi dengan sayuran segar dalam jumlah banyak. Campur semua bumbu halus dengan kelapa parut, aduk dan kukus selama 10-15 menit, atau dalam microwave selama 2-3 menit.

Penyajian:
Campur semua bahan sayuran, aduk dan tambahkan bumbu kelapa, aduk rata. Sajikan segera..



*) The Encyclopaedia of Healing Foods, Dr. Michael Murray
**) Wied Harry Apriadji, Resep Sedap Food Combining, Hidangan Protein & Tahu-Tempe 
***)Khasiat Warna-Warni Makanan, Made Astawan & Andreas Loemitro Kasih
       




Tidak ada komentar:

Posting Komentar