Kamis, 27 Maret 2014

Unbaked Healthy Klappertaart - Gluten free, dairy free, less sugar




Bahan:
500 ml air kelapa muda
2 buah daging kelapa muda, dikeruk.
25 gram custard powder
25 gram maizena
25 gram mixed flour *)  -->pengganti gluten dalam terigu
¼ sdt vanili bubuk
4 kuning telur, kocok lepas
40 gram gula palem
50 gram kismis, rendam air panas.
75 ml olive oil  -->ekstra virgin


Topping:
1 sdt kayumanis bubuk
2 sdm almond iris, disangrai
2 sdm kismis, rendam air panas.

Cara:
-          Campur ketiga macam tepung dan vanili, tuangi air kelapa muda, aduk rata, tuang dalam kocokan kuning telur. Aduk rata, saring. Tambahkan gula palem, panaskan dengan api keciill..
-          Selama dipanaskan sambil diaduk tapi api tetep keciiil, untuk menjaga nutrisi air kelapa. Pas udah agak kental. Masukkan kelapa muda, tetep diaduk dg api keciiill, sampai terasa mendidih, meletup ringan.. Matikan api kalau semua sudah matang dan kental.
-          Masukkan kismis, aduk rata. Tunggu sampai suhu suam2 kuku, masukkan olive oil. Aduk perlahan sampai rata. Tuang dalam cetakan. Taburi kayumanis bubuk, almod dan kismis, masukkan dalam lemari pendingin. Siap santap.


Catatan,
*) membuat campuran tepung pengganti terigu dalam ukuran 25 gram agak ribet. Saya bikin dalam jumlah agak banyak, lalu disimpan, bisa dipakai sewaktu2. Komposisi tepung beras:sagu:maizena  = 6:2:1 = 300:100:50 gram --> resep Wied Harry

**)KELAPA/SANTAN KELAPA SEGAR. Mengandung asam laurat, salah satu  asam lemak sehat yang hanya terdapat dalam ASI yg bermanfaat mencegah oksidasi sel-sel otak, juga mencegah stroke.Namun jika dipanaskan, asam laurat dalam santan/kelapa akan rusak berubah menjadi lemak jenuh atau lemak trans (tergantung suhu dan lama pemasakan), yg justru meningkatkan resiko stroke dan serangan jantung. -->The Encyclopaedia of Healing Foods, Dr. Michael Murray

Tidak ada komentar:

Posting Komentar