Selasa, 16 Oktober 2012

"planet earth" bukan hanya untuk manusia

Rating:★★★★★
Category:Films                       
Genre: Dokumenter
Author:   BBC
Add caption

Dibuka dengan kata-kata:
"A hundred years ago, there were one and a half billion people on Earth. Now, over six billion crowd our fragile planet. But even so, there are still places barely touched by humanity. This series will take you to the last wildernesses and show you the planet and its wildlife as you have never seen them before."
dari narator handal David Attenborough dengan suaranya yang khas.

 Seri dokumenter yang diproduksi oleh BBC akan menantang  kita untuk menelusuri tempat tempat yang menakjubkan di planet Bumi. Bahkan di keributan enam milyar manusia masih ada tempat tempat yang belum tersentuh  manusia. Sepadan dengan biaya pembuatannya yang mencapai 16 juta poundsterling dan waktu pembuatan yang lebih dari lima tahun film ini menyajikan kehidupan alam liar dari berbagai topografi alam di hadapan kita dengan kualitas yang sangat bagus. Film dokumenter yang terdiri dari sebelas seri:

1."From Pole to Pole"
2."Mountains"
3."Fresh Water"
4. "Caves"
5. "Deserts"
6. "Ice Worlds"
7."Great Plains"
8."Jungles"
9. "Shallow Seas"
10."Seasonal Forests"
11. "Ocean Deep"

Dengan kualitas tinggi bentang alam disajikan dengan tidak mengurangi sedikit pun dari pesonanya walau tempat tempat tersebut sulit untuk dijangkau, dari kutub selatan ke Kutub utara pegunungan Andes atau Himalaya gurun Gobi sampai Sahara bahkan di kedalaman 2000 meter.
Dari melihat seri Planet Earth ini seharusnya kita bisa memetik beberapa hikmah yang dalam dari alam sekitar. Di semua topografi alam kita bisa mempelajari bagaimana mahluk mahluk eksotis ini bertahan hidup. Mereka menjadi pemangsa namun tidak membuat mereka tamak. Memakan hanya yang mereka butuhkan. Pada seri "Ocean Deep" misalnya, disajikan bagaiman ritual bulanan nautilus mencari makanan di kedalaman yang lebih dangkal. Dan apabila sudah mendapatkan mangsanya iya akan kembali ke habitatnya di laut dalam.
Baik di kutub di gurun, di laut, di gua gua, di hutan Alloh yang maha pemurah menjamin rejeki Nya untuk setiap mahluk. Hanya bisa  mengucap Subhanalloh melihat kebesaran-Nya pada setiap mahluk.

Siklus hidup mati memangsa atau dimangsa bentuk kasih sayangnya. masih di "Ocean Deep" kita bisa saksikan bagaimana bangkai paus sperma yang menjadi sumber makanan bagi mahluk mahluk didasar laut dalam.
Dalam seri "Desert" kita akan takjub bagaimana kangguru di beri kemampuan beradaptasi di daerah gurun yang panas menyengat.
Gua gua panjang yang mengular di amerika selatan dihuni hewan hewan yang menawan dengan berbagai kemampuan adaptasinya. Atau kristal kristal yang mempesona sebagai interior gua gua di Yucatan AS

Seri terakhir "Ocean Deep" ditutup dengan kata kata dari sang narator David Attenborough
"Our planet is still full of wonders. As we explore them, so we gain not only understanding, but power. It's not just the future of the whale that today lies in our hands: it's the survival of the natural world in all parts of the living planet. We can now destroy or we can cherish. The choice is ours."
Ini bukan sekedar kehidupan hewan liar. Ini menyangkut tentang semua bagian bumi yang diri kita termasuk didalamnya.
Akankah diri kita bisa memberi manfaat pada mahluk lain mari kita renungkan.












  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar