Rabu, 20 Februari 2013

Pekerjaan Ibu Rumah Tangga



Membaca itu, seperti halnya menulis, memasak, menjahit, mengurus rumah, juga menyetir. Bagi saya beda-beda tipis lah. Semuanya seputaran perasaan dan kebiasaan yang dilatih dengan kesabaran. Kalo memasak, saya hadapi sebagai kebutuhan akan makanan. Tapi saya sangat fleksibel, sepertinya ibu-ibu yang lain juga begitu. Ketika badan terasa segar, memasak sepagian juga seneng aja rasanya. 

Tapi kalo lagi kumat malesnya, saya hanya memanfaatkan apa yang ada di kulkas dan lemari. Ada telur, daun bawang, sedikit wortel, sedikit bakso, tauge. Mari menggoreng nasi sajah.. Hehe. Tapii, teteep ada acara masak kan. Bahkan kalo pengen cemilan, pengen bikin yang gampang dan praktis, tinggal aduk-aduk aja bahan yg ada, terus dipanggang, matang dan siap disantap. Rasanya gimana? Nggak terlalu enak sih, makanya pertama eksperimen resep saya inget tadi pake terigunya berapa, telurnya berapa, garamnya seberapa. Biar apa? Biar nanti bisa coba lagi dengan rasa yang lebih baik, setidaknya -tidak buruk. Jadi kalo saya resmi memajang sebuah resep di blog atau di note, itu sudah beberapa kali saya coba, dengan saya sendiri sebagai ‘kelinci’nya dan suami, kalo lagi di rumah.


Gimana dengan menjahit. Suatu ketika, tangan dan kaki saya ‘gatal’ pengen bikin baju. Udah lama juga nggak jahit. Maka ketika saya iseng mampir toko kain dan melihat kain yang manis dan lutju, saya bayangin diri saya yang sedang make jubah yang manis itu, kayaknya akan tambah maniis.. Huehehe, dasar emak-emak, nggak ada yang muji, ya dipuji sendiri. 
Maka ketika saya tahu harga kain itu relative murah, maka saya langsung beli tiga macam sekaligus. Daaan, dengan semangat empat lima, tiga jubah itu rampung dalam waktu seminggu. Tapiii, setelah itu, hingga berbulan-bulan kemudian, saya stop bikin baju. Di pikiran saya, kok ribet bener bikin baju, mending beli jadi aja toh, praktis. Capek lo bikin baju itu, ngukur badan dulu, bikin pola, menjiplak pola ke kain, dikira-kira biar kainnya cukup, bahkan bisa sisa buat bikin kantong atau hiasan kerut. Baru kain dipotong, ditindas karbon biar enak jahitnya. Menjahit, menyatukan dua kain atau lebih itu juga pake perasaan, nggak bisa buru-buru. Itulah yang saya sukai dari menjahit, nggak enak memang, tapi melatih kesabaran. Dan kalo baju sudah jadi dan enak dipakai, ada rasa puas yang tak bisa dilukis dalam bentuk apapun..


Gitu pun dengan menyetir, ukuran dan takaran perasaan dalam mengegas, rem dan kopling seperti melatih kesabaran. Terutama menghadapi kondisi jalan di negeri tercinta endonesia, dengan keragaman kondisi jalan dan penggunanya. Bagaimana seorang pengendara motor melaju santai di jalan raya sambil menelepon, tepat di depan saya yang sedang terburu-buru. Hmmm, pinter deh, dikiranya jalan raya buat jjs naik motor sambil ngobrol . Ketika saya klakson karena nggak ngerti-ngerti juga, baru deh minggir.  Padahal saya itu kalo nggak kepepet paling males pake klakson. 
Ada lagi pemotong jalan yang nggak tengok kanan kiri langsung aja main serobot,-perasaan dulu dari kecil udah pernah diajari orangtua kalo mau nyebrang tengok kanan kiri dulu ya.. Gimana kalo kesenggol, pastinya yang disalahin kita-kita ini. Apalagi pengendaranya masih bocah, nggak pake helm pula.. Sakti nian.. Haduuh, begitulah seni di jalan raya, belum lagi mobil mewah yang seenaknya buang sampah. Atau angkot yang seenaknya main senggol dan melaju tanpa rasa bersalah. Gimana mau protesnya coba.. Sabaar sabar, itulah pedoman menyetir yang utama, banyakin stok sabar.


Ada juga hal yang saya wajibkan pada diri saya, membaca. Duhai, saya nggak tau bagaimana jika sehari saja saya tidak membaca buku. Membaca itu seperti energi tersendiri.  Seperti ada sesuatu di dalam sini yang merasa harus diisi terus. Malah sampai sekarang saya belum bisa memahami orang yang nggak suka baca, kenapa coba? Tapi baidewai, itu kan masing-masing. Seperti saya, orang lain kan punya cara tersendiri buat nge’cas’ diri sendiri. 
Oiya, meski suka dan wajib baca, tapi saya juga mood2-an dalam milih bacaan. Tergantung buku siapa dulu yang dibaca, jenisnya apa, dan lagi butuh bacaan apa. Kalo lagi butuh spirit, saya bisa nyari buku si penulis tersebut kemanapun, termasuk ke dunia maya. Kalo nggak dapat, sebenernya kecewa, tapi ya mau gimana. Biasanya terobati dengan  bacaan lain. Kalo lagi ada novel yang kayaknya unik, ya saya lahap. Meski semua jadwal baca yang fleksibel ini harus pinter-pinter curi waktu.. Kadang waktu terasa padat sekali, ngurus ini itu tiba-tiba aja udah malam, anak-anak mau tidur. Giliran buka buku, belum ada selembar udah KO alias gatot, gagal total.. Ya udaah, sabaar, masih bisa dilanjut besok kan.


Kalo menulis, gimana? Nah, ini dia yang butuh waktu dan suasana, namanya juga ibu rumah tangga. Kalo membaca, kita butuh energi, sesuatu  yang perlu diisi dalam diri. Tapi kalo nulis, kan kebalikannya. Ada sesuatu dalam diri, pikiran, hati, kepala dsb yang perlu dikeluarkan, dituangkan dalam bentuk nyata, dalam kata-kata. Gimana kalo nggak dikeluarkan? Itu pikiran, uneg-uneg akan ngganjel terus di kepala. Mending ingat terus, la kalo lupa. Sering banget tuh yang begitu. Karena saya ini dasarnya masih seputaran hobi, yang nulisnya nunggu waktunya luang. Lha gimana kalo nggak pas luang, apa mau nyuapin anak sambil nulis, nemenin anak sambil nulis,-kasian anak-anak ntar ngira ibunya nggak serius ngurus mereka. Apalagi mereka masih yang, habis ini pingin itu. Habis mewarnai pingin gunting, terus nempel, ada yang pake lem, ada yang pake isolasi. Belum lagi kalo isolasinya habis. Habis gitu, pingin melukis, menggambar, dan lainnya.  Giliran anak-anak tidur, kadang saya juga capek, meski nggak selalu. Pas mau nulis, ilang deh uneg-uneg yang tadi. Ada nyisa dikit, yang kalo ditulis nggak ada satu paragraph.. Hehe.. Ya udahlah sabaar. 
Tapi sebenarnya kalo uneg-uneg tadi mencengkram kuat di kepala, biasanya akan berdenyut-denyut terus sampai bisa tertuang. Si uneg-uneg ini sungguh sabar menanti, meski saya udah nggak mikirin dia, eh dia terus ngikutin saya. Yang begini ini yang biasanya jadi tulisan, seperti sekarang ini nih.. 
Atau ketika beberapa waktu lalu, ketika saya lagi lebay habis perpisahan dengan putra saya di Mlarak. Banyak yang saya pikirkan tentang dia. Pikiran ini terus ngganjel sejak saya meninggalkannya, hingga di perjalanan. Mau nulis kan nggak mungkin juga. Di bis gitu loh, bisa mabok saya. Selama perjalanan ke Surabaya, itu terus yang saya pikirkan. Pikir saya, nanti di Juanda kalo masih ada waktu mau saya tulis. Di bis itu, saya bersebelahan dengan dua orang bapak-bapak, yang tadinya mereka ngobrol berdua aja. Dari pembicaraan mereka sepertinya mereka orang yang berkecimpung di dunia pendidikan. Awalnya salah satu dari mereka yang ngajak saya ngobrol, jadilah obrolan kami seputaran pendidikan pesantren, yang masih ada hubungannya dengan putra saya, tak terasa hingga di Surabaya. 
Saya cepat-cepat cek-in, sholat, menelpon suami dan orang tua. Udah gitu, kok lapar. Baru ingat, dari pagi saya belum makan, masih ada sejam sebelum boarding. Di depan saya ada kafe kecil, saya pesan roti bakar. Sambil nunggu itulah saya pakai buat nulis si uneg-uneg yang ternyata masih nongkrong di kepala saya. Entah karena lapar, atau terburu waktu, saya nulis apa adanya, dan tepat sebelum bording catatan kecil itu rampung…


Entah, ini yang saya rasa sendiri atau perasaan kebanyakan orang. Sepertinya waktu selalu mengejar saya. Kalo ada orang bilang jadi ibu rumah tangga itu membosankan, jenuh, saya justru merasa sebaliknya. Saya merasa selalu kekurangan waktu buat ini itu. Semua seperti sudah terprogram di kepala dan pikiran. Semua saya syukuri sepenuh hati.. Ini karunia Ilahi..



Graha Asri, 20 Februari 2013  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar