Selasa, 01 Juni 2010

Jeruk Lemon & Jeruk Nipis

Siapa yang tak kenal buah ini? Buah dari jenis jeruk yang rasanya asam sekali. Biasanya dipakai untuk campuran minuman sejenis lemon tea, campuran bumbu masakan, kue, penghilang bau anyir pada ikan, ayam dll, atau juga sebagai garnish pada makanan atau minuman.
Padahal sedikit yang tahu kalau kedua jenis jeruk ini besar manfaatnya untuk kesehatan. Bener lho, sudah banyak yang membuktikannya termasuk saya sendiri. Awalnya sih kurang yakin, masak iya.. Ternyata bener..
Apakah anda memiliki keluhan lambung alias maag dan sering mengkonsumsi obat-obatan lambung? Atau punya keluhan asma (sesak napas) yang kalau tiap malam tidur dengan napas berbunyi ngiik..Lalu sering mengkonsumsi obat asma? Atau juga ada bakat alergi semisal bersin2 kalau terkena dingin, debu, dan sejenisnya?


Jangan menyerah dulu. Cobalah obat alami ini. Saat bangun pagi terutama sebelum menggosok gigi, cobalah minum satu gelas air putih masak dicampur 1-3 sdm perasan jeruk lemon/nipis. Bagi yang masih pemula boleh mencoba perasan jeruknya 1 sdm dulu. Memang rasanya asam, tapi sebenarnya air jeruk lemon/nipis ini bersifat basa bagi tubuh.
Boleh percaya atau tidak segelas air putih + 1-3 sdm air jeruk lemon/nipis menjadi terapi bagi gangguan maag. Asal diminum seteguk demi seteguk, tiap tegukan ditahan sesaat di  mulut sampai bercampur air ludah, baru ditelan. Selain itu fungsi air jeruk lemon/nipis ini juga untuk memperbaiki kerja liver melakukan detoks alami (yang paling aktif selama proses pembuangan antara jam 04.00- 12.00) *)
Hal ini karena disamping tinggi kandungan vitamin C nya jeruk lemon/nipis ini juga mengandung antioksidan dan antiinflamasi (radang), sehingga sebagian besar kandungannya dapat menguatkan tonik (penguat) bagi liver. **)
Fungsi lain dari air jeruk lemon/nipis ini juga mengeluarkan lendir dari tubuh melalui dahak. Jadi baik bagi anda yang memiliki asma atau batuk berdahak.
Nah yang ini pengalaman saya sendiri. Sudah kurang lebih 4 bulan sejak rutin mengkonsumsi air jeruk nipis ini banyak manfaat yang saya rasakan. Keluhan maag/kembung jauh berkurang. Biasanya obat maag jadi langganan saya, sekarang hampir tidah tersentuh. Kalaupun kembung biasanya saya minum air jahe itupun sangat jarang. Demikian juga keluhan asma, tadinya hampir tiap malam saya memakai obat hisap, sekarang sama sekali tidak pernah saya pakai. Juga kebiasaan bersin2 dan meler kalau kena dingin atau debu (dalam sehari saya bisa meler hampir tiap jam), sekarang no way.. Kalaupun bersin jarang sekali dan tidak sampai meler.
Juga ditambah pengalaman dari keluarga dan teman2 yang sudah merasakannya, termasuk ribuan teman2 grup milis banyak yang sudah memetik manfaatnya. Tentunya sambil diimbangi pola makan yang sehat..
Jadi, silakan coba sendiri.. Mudah-mudahan bermanfaat...

*) Wied Harry Apriadji via email
**) Andang W Gunawan via email

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar