Selasa, 29 Juni 2010

Anakku, Kuantarkan Kau Ke Surga Panduan Mendidik Anak Usia Baligh


Rating:★★★★
Category:Books
Genre: Parenting & Families
Author:M. Fauzi Rachman
Sudah lama saya mencari buku seperti ini. Panduan mendidik anak memasuki usia baligh. Sebelumnya buku2 atau artikel2 yang saya temui hanya menyampaikan pesan2 dari luar dan fisiknya saja. Tidak mendalam seperti yang dituturkan dalam buku ini. Pesan2 yang disampaikan mengena secara keseluruhan dan isinya mudah dimengerti. Karena sebenarnya apa yang akan dialami anak2 kita adalah hal yang sangat dekat dengan kita.
Banyak hal yang saya sukai dari buku ini. Di antaranya adalah hal2 dan tauladan kita sebagai orang tua dalam kehidupan sehari-hari. Sangat mudah diterapkan karena anak2 dekat dengan kita. Apalagi dalam menghadapi arus globalisasi telekomunikasi yang kian tak terbendung. Intinya adalah kembali ke keluarga. Semua contoh, perilaku, tauladan akan dipelajari anak pertama kali dari keluarga. Menghadapi usia baligh dengan segala perubahan fisik dan nonfisiknya memang tak mudah bagi anak untuk tidak mengikuti arus perubahan yang berasal dari luar. Tetapi sekali lagi, ibaratnya sebatang pohon yang kokoh, dengan akar yang menancap kuat ke bumi dia tidak mudah diterpa angin, hujan, panas, dingin dan sebagainya.
Contoh2 dan pesan yang disampaikan di buku ini sangat sederhana mulai dari adab2 kepada orang tua, akidah, ibadah sehari-hari, hingga bagaimana meluruskan perilaku seksual mulai masa pra-baligh. Banyak orangtua yang gelisah dengan hal2 sederhana tetapi sulit menghadapinya. Dalam buku ini diulas pula dengan lengkap mengenai tuntunan agama bagi para orangtua sebagai tauladan utama.
Bagi orang tua yang sedang memiliki anak2 menjelang usia baligh atau tidak, buku ini layak dibaca, yang menginginkan anak2 sholeh dunia akhirat. Pada akhirnya hanya kepada Allah kita memohon petunjuk….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar