Kamis, 06 Desember 2012

Fish Burger


Suatu ketika saya dilanda kebosanan mengatur menu bekal makan siang mas Ahnaf. Perputaran menunya itu lagi itu lagi..

Sampai kemudian saya baca postingan teman di http://srisariningdiyah.multiply.com/recipes/item/22/Burger_Ikan_ala_tobie_American_Breakfast_Brunch?replies_read=91. Dengan sedikit modifikasi, saya sesuaikan dengan selera dan keadaan yang ada. Jadilah burger ikan yang disukai mas Ahnaf. Kata teman2nya di sekolah enak (biasanya memang saya bawakan lebih). Pas ada satu temannya yang pesan minta dibikinin, jadilah saya belanja lagi, bikin yang banyak lalu disimpan di freezer. Benar saja esoknya teman2 yg perempuan giliran pesan 5 bungkus.. Wow saya kayak katering aja..

Mau intip resepnya, silakan…

Fish Burger (u/ 4 orang)

Bahan:
-          150 gr Ikan pindang disuwir (saya pake tuna flakes, dicuci, tiriskan)
-          Tepung panir, 5 sdm(atau lebih)
-          Tepung bumbu 2 sdm
-          Telur 2 butir
-          Bawang putih 1 siung, cincang halus
-          Garam, secukupnya
-          Roti burger, 4 tangkup
-          Selada, tomat &/ sayur pelengkap lainnya
-          Minyak goreng, 2-4 sdm

Cara membuat:
-          Ikan diaduk dengan 1 butir telur, bawang, garam dan tepung panir sampai adonan padat dan bisa dibentuk.
-          Bentuk adonan bulat pipih dalam plastik, saya pakai tutup gelas yg ukurannya sesuai dg roti burger. Masing2        adonan 1 plastik dalam satu burger. Simpan dalam freezer.
-          Setelah kira2 beku/padat, keluarkan dari freezer
-          Gulingkan dalam kocokan telur, lalu dalam tepung bumbu. Goreng dengan sedikit minyak dan api kecil, supaya matang luar dalam.
-          Sajikan dalam roti burger dengan saus mayones/sambal/tomat sesuai selera..

Selamat mencoba !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar